Saturday, November 10, 2012

Panen Perdana

Setelah beberapa tahun perawatan tanaman, akhirnya pada bulan awal november ini kebun kami memulai penderesan. Umur tanaman yang dideres adalah 3-4 tahun. 

Perlu diingat bahwa perawatan TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) sangatlah penting. Masa TBM yang singkat merupakan kunci sukses bagi investor. Semakin cepat tanaman karet mencapai ukuran lilitan batang 45cm, semakin panjang pula umur TM (berdasarkan rata-rata umur tanaman karet 25 tahun). Contohnya: Apabila masa TBM 5 tahun, maka jangka waktu yang dapat dideres pada masa TM (Tanaman Menghasilkan) hanya 20 tahun. Apabila masa TBM hanya 3 tahun, maka masa TM bisa mencapai 22 tahun. Ini berarti modal yang diinvestasikan lebih cepat balik, dan hasil produksi karet yang dihasilkan lebih banyak dan lebih panjang.

Hasil produksi karet untuk awal tahun pada umumnya minim karena DRC (Dry Rubber Content) atau Kadar Karet Kering pada tanaman muda masih rendah. Seperti kata orang kebun, pokok-pokok muda tersebut masih "belajar".

Sistim Sadap yang kami terapkan adalah D/3 (3 hari per sadap per ancak) atau lebih dikenal dengan sistim ABC. Maksimum pemakaian kulit adalah 2mm per sadap (2cm per pokok per bulan). Sistim penyadapan akan saya bahas lebih detail pada post selanjutnya.

Berikut adalah foto-foto dokumentasi yang saya ambil:

Gbr 1. Lateks mengalir ke mangkok melalui talang


    
 Gbr 2. Lateks dimangkok 

Gbr 3. Lateks sebelum dicetak menjadi slab harus disaring terlebih dahulu 

 Gbr 4. Lateks yang telah mengeras setelah dicampurkan dengan Deorub

Gbr 5. Slab karet


Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman.

No comments:

Post a Comment